Kamis, 01 Mei 2014

Kepribadian Bangsa Timur

     Satu hal yang tidak bisa luput dari kehidupan kita, para bangsa timur. Bangsa timur identik dengan benua Asia, benua terluas di dunia dengan berbagai macam budayanya. Pengecualian pada Australia dan Oceania, mengapa? Karena mereka adalah persemakmuran orang-orang Eropa, yang secara wilayah adalah Barat.
    Ada timur, ada juga barat. Berbeda wilayah jelas berbeda budayanya. Kebudayaan ini seolah menjadi jurang pemisah antara barat dan timur. Pro dan kontra jelas bermunculan, membanding-bandingkan semuanya. Mungkin saya akan membeberkan beberapa hal yang menjadi pemicu perbedaan budaya ini.
1. Agama
Tuhan memang satu, kita yang tak sama. Perbedaan keyakinan menjadi masalah yang tak kunjung selesai. Seperti contoh, di beberapa negara Asia, bangunan gereja bercirikan gereja seperti gereja pada umumnya sangat sulit ditemukan, dari permasalahan lahan sampai pembayaran pajak. Di Barat pun seperti itu, suara adzan tidak akan kita dengarkan disana karena dianggap akan mengganggu aktivitas masyarakat. Bangsa barat cenderung bebas dalam beragama, tetapi bangsa timur masih memegang teguh kepercayaan nenek moyang, mitos, leluhur, dan sebagainya.
2. Ras
Siapa tidak kenal Nelson Mandela? Beliaulah pejuang ras yang pasti dihormati dan dikenang diseluruh dunia. Ada satu daerah yang warganya orang kulit putih semua, jika ada yang berkulit hitam tentu diusir dengan paksa dari sana.
3. Musik
Anda pernah dengar lagu dangdut ataupun melayu mendunia? Jawabannya tidak. Bahkan film India yang dahulu melegenda identik dengan musiknya, tidak ada kabarnya lagi sekarang. The Beatles dengan segala fenomenanya masih ramai dibicarakan hingga saat ini. Padahal musik adalah salah satu media untuk menyatukan dunia, barat dan timur.

Kesimpulan saya, ada beberapa nilai positif yang patut kita jaga sebagai anggota dari bangsa timur seperti kebersamaan, menjunjung tinggi adat istiadat dan nilai kesopanan, serta memegang teguh norma agama. Tetapi kita juga harus membuka mata tehadap dunia sarat teknologi saat ini, agar kita dapat lebih maju, berkembang dan berkarya agar berguna bagi keluarga serta dunia.

sumber: images.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar