Sabtu, 03 Mei 2014

TUGAS IBD #3

1. Jelaskan pengertian tanggung jawab!
Jawab: keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

2. Jelaskan macam-macam tanggung jawab:

a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Jawab: Tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah bagaimana kita mengendalikan diri sendiri untuk mengatur dan memilih apa yang akan kita lakukan untuk diri kita sendiri dan menanggung resiko perbuatan tersebut sendiri.

b. Tanggung jawab terhadap keluarga
Jawab: Tanggung jawab terhadap keluarga merupakan yang terpenting dalam lingkup masyarakat secara pribadi yaitu keluarga. Keluarga merupakan tempat kita memulai kehidupan yang lebih luas, maka kita harus benar-benar membangun fondasi diri dan menjaga nama baik tempat dimana kita bernaung sejak kecil, yaitu keluarga.

c. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Jawab: Tanggung jawab terhadap masyarakat dalam lingkup yang lebih besar dari keluarga, yaitu kita harus mempertanggungjawabkan apa yang telah kita lakukan untuk masyarakat luas, juga di dalam masyarakat kita harus melaksanakan dan mengikuti semua norma dan peraturan baik tertulis maupun tidak.

d. Tanggung jawab terhadap bangsa & negara
Jawab: Tanggung jawab terhadap bangsa & negara dalam lingkup yang lebih besar lagi dari masyarakat. Kita sebagai warga negara Indonesia wajib mempertahankan kedaulatan negara, mempertahankan segala bentuk penjajahan maupun kekerasan yang datang dari luar negeri ataupun dalam negeri.

e. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Jawab: Tuhan telah menciptakan kita, melindungi kita, dan menjaga kita hingga kita sampai saat ini, maka kita harus bertanggungjawab kepada Tuhan melalui hukum dan peraturan agama yang kita anut masing-masing agar Tuhan tetap menyertai kita sekarang sampai selama-lamanya.

sumber:
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/06/12/mengenal-arti-kata-tanggung-jawab-567952.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar