Selasa, 15 November 2016

TUGAS 2 PENGANTAR TELEMATIKA

TUGAS 2 PENGANTAR TELEMATIKA

Soal
1.     Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
2.     Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi!
3.     Berikan contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika!

Jawab
1.     Peranan jaringan komputer yang berkaitan dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika diantaranya adalah:
·  Sebagai jembatan penghubung akses antara user dan telematika itu sendiri
·       Sebagai alat komunikasi real-time tanpa batas jarak dan waktu
·       Sebagai media transaksi antara penjual dan pembeli

2.     Aplikasi yang bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin banyaknya perangkat telekomunikasi diantaranya:
·       Aplikasi edit audio, foto, dan video
Berkembangnya teknologi semakin memudahkan para user awam yang juga ingin membuat karya yang setara dengan user ahli. Untuk audio dahulu harus menggunakan Adobe Audition ataupun Cubase, untuk foto dahulu harus menggunakan Adobe Photoshop ataupun Corel Draw, dan untuk video dahulu harus menggunakan Adobe Premiere ataupun Final Cut Pro, tapi sekarang cukup software Audacity ataupun Wavepad, software PhotoScape ataupun PicsArt, software VivaVideo ataupun VidTrim untuk mengedit audio, foto, dan video dengan kualitas yang bagus.
·       Aplikasi Sosial Media
Aplikasi Sosial Media adalah aplikasi berbagi informasi dan komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan aplikasi – aplikasi ini kita dapat mengetahui semua aktivitas bahkan lokasi orang lain yang sudah bertemena dan terhubung dengan akun pada aplikasi kita. Kita bisa membagikan (share) audio pada Soundcloud, video pada Youtube, foto pada Instagram, lokasi (location) pada Path, tulisan singkat pada Twitter, dan yang paling lengkap dari semua itu adalah Facebook.
·       Aplikasi Perpesanan (Chatting)
Aplikasi Chatting berikut ini adalah aplikasi yang “wajib” dimiliki oleh semua orang saat ini karena aplikasi ini adalah penghubung utama komunikasi tanpa dibatasi jarak ataupun waktu di seluruh dunia. Contoh aplikasi ini adalah Blackberry Messenger, Whatsapp, Line, WeChat, KakaoTalk, hingga Facebook Messenger.
·       Aplikasi Toko Online
Dalam dunia bisnis dan perdagangan aplikasi inilah yang sangat berguna. Lewat aplikasi ini para pembeli tidak lagi jauh membeli barang yang diinginkannya, tinggal beberapa klik lalu barang sudah sampai di tangan pembeli. Contoh aplikasi took online ini adalah Lazada, Tokopedia, dan OLX.
·       Aplikasi Berita
Saat ini kita tidak perlu lagi membaca koran bahkan menonton televisi supaya tidak ketinggalan berita informasi. Banyak aplikasi yang menyediakan berita informasi secara real time dan pastinya up-to-date. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Detik, Kompas, Liputan 6, dan Okezone.
·       Aplikasi Penyimpanan Online
Semakin menurunnya pemakaian fisik komputer dan semakin berkembangnya jaringan internet membuat teknologi penyimpanan data beralih menjadi online. Ruang kapasitas penyimpanan secara online yang seakan “tidak terbatas” menjadi alternatif dari penyimpanan fisik yang semakin besar kapasitasnya hargnya semakin mahal. Kita hanya tinggal membuka aplikasinya, mendaftar akun, lalu langsung bisa menyimpan file disana. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet yang saat ini bukan menjadi hal besar. Contoh aplikasi ini adalah Google Drive dan Drop Box.

3.     Contoh proses yang berkaitan dengan arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan telematika adalah
·       Client-server: Jaringan LAN, Print Server
·       Peer-to-peer:  Media Streaming, File Sharing 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar