Sabtu, 03 Juni 2017

TUGAS 3 ETIKA PROFESIONALISME TSI

TUGAS 3 ETIKA PROFESIONALISME TSI
1.                
·       Modal
Modal adalah sesuatu yang digunakan untuk mendirikan dan menjalankan suatu usaha. Modal bentuk umumnya berupa uang.
·       Target Market
Merupakan suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran penjualan perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya. Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang bermacam-macam, sehingga perusahaan harus mensurvei mana yang akan dilayaninya sebagai target market.
·       Differensiasi
Merupakan suatu upaya dari perusahaan untuk membedakan produk yang dimilikinya dari produk-produk pesaing. Produk yang dihasilkan haruslah unik dan berbeda dengan produk.
·       Hiring
Hiring atau rekruitmen merupakan proses untuk mendapatkan sejumlah karyawan ataupun pekerja yang berkualitas dan layak untuk bekerja dalam suatu perusahaan.
·       Kontrak Kerja
Merupakan  suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, untuk waktu tertentu ataupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak, dan kewajiban.
·       Proses Pengadaan
Memperoleh barang atau jasa dari pihak di luar organisasi. 
·       Kontrak Bisnis
Merupakan perjanjian bisnis yang bentuknya tertulis. Dalam kontrak bisnis, ikatan kesepakatan di tuangkan dalam dalam perjanjian yang bentuknya tertulis. Jika terjadi permasalahan dengan kontrak itu sendiri, pihak yang bermasalah dapat menunjukkan kontrak tersebut sebagai salah satu bukti.
·       Pakta Integritas (MoU)

Pakta Integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Contoh: Startup FHL Handicraft
Faith, Hope, and Love Handicraft merupakan usaha pribadi yang menyediakan perlengkapan tas wanita, dompet, gelang, hiasan, dan aksesoris lainnya yang terbuat dari bambu dan rotan serta dikerjakan secara manual.
·       Modal
Modal awal berupa uang didapat dari kas pribadi pendiri FHL Handicraft. Setelah berkembang akan mencari investor yang tertarik dan digunakan untuk menyewa tempat serta membuka toko online.
·       Target Market
Target Market-nya adalah para ibu – ibu yang menyukai barang – barang buatan rotan dan bambu yang ramah lingkungan dan cocok digunakan kemana saja.
·       Differensiasi
Perbedaan dari produk yang lain adalah bahan yang digunakan rotan dan bambu serta seluruh pengerjaan dari bahan dasar sampai menjadi barang siap diguanakan bahkan sampai menghiasnya dilakukan secara manual.
·       Hiring
Untuk permulaan mengajak keluarga dan teman dekat untuk mencoba dan membantu membuat prdouk sendiri. Setelah berkembang merekrut pengrajin harus diseleksi tiap bagian masing – masing seperti menghias, menganyam, dan membentuk.
·       Kontrak Kerja
Jika pengrajin sudah dapat melakukan tugasnya dengan baik, sebaiknya dilakukan kontrak kerja agar terjamin posisi SDM tersebut di dalam usaha.
·       Proses Pengadaan
Pengadaan barang dilakukan bekerja sama dengan teman dekat karena bahan baku yang sulit untuk diperoleh sendiri. Jika sudah berkembang akan bekerja sama dengan perusahaan yang khusus menyediakan bahan baku yang diperlukan.
·       Kontrak Bisnis
Kontrak bisnis dilakukan ketika usaha sudah mulai berkembang dan memenuhi kebutuhan produksi sendiri, contohnya kontrak bisnis dengan acara besar yang bertema kebudayaan Indonesia.
·       Pakta Integritas
Pakta Integritas dibutuhkan ketika perusahaan dapat memberikan dukungan ataupun menjadi sponsor untuk pihak lain atau sebuah acara besar. Pakta Integritas dilakukan agar tidak terjadi salah komunikasi dalam penyelengaraan acara dan acara berjalan sesuai yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

2.     Model Pengembangan Standar Profesi dan bidang yang diminati.
Ø   Model SEARCC : mendefinisikan job klasifikasi beserta deskripsinya
Ø  Model Association for Computing Machinery (ACM) terlalu berorientasi ke hardware sehinggga kurang cocok untuk profesi Teknologi Informasi
Ø  Model British Computer Society (BCS) adalah suatu model yang komprehensif, tetap berlangsung dan mudah dipahami
Ø  Model Japan Information Technology Engineer Examination (JITEE) adalah komprehensif, tetapi tidak ada yang tertulis dalam bahasa Inggris
Setiap jenis pekerjaan kecuali spesialis memiliki 3 tingkatan yaitu sebagai berikut:
o    Supervised (terbimbing). Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutuhkan pengawasan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.
o  Moderately supervised (madya). Tugas kecil dapat dikerjakan oleh mereka tetapi tetap membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih besar, 3-5 tahun pengalaman
o   Independent/Managing (mandiri). Memulai tugas, tidak membutuhkan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.
Bidang yang diminati yaitu Sistem Analis. Dengan menjadi sistem analis saya dapat menganalisasistem yang akan diimplementasikan dan diterapkan, menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, dan studi kelayakan beserta desain sistem yang akan dikembangkan nantinya.

3.     Jelaskan sertifikasi  di bidang IT yang kalian minati!
Sertifikasi yang saya minati adalah Microsoft Office Specialist (MOS) yaitu sertifikasi langsung dari Microsoft dalam menggunakan Microsoft Office. Software dari Microsoft tersebut sangat banyak digunakan di dunia dan sangat berfungsi dalam mempermudah pekerjaan ataupun tugas. Dengan mempelajari dan mendapatkan sertifikasi tersebut saya berharap dapat lebih mahir menggunakan Microsoft Office juga lebih mudah dalam mendapat pekerjaan nantinya.


sumber:
http://syatantra.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/38240/Model+pengembangan+standar+profesi.ppt.
http://catur.dosen.akprind.ac.id/2011/01/28/sertifikasi-profesional-ti-pentingkah/
https://www.microsoft.com/id-id/education/imagine-academy/certification/default.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar