Senin, 30 Maret 2015

Jenis dan Proses dari Komunikasi

#TUGAS1 TEORI ORGANISASI UMUM 2
Nomor 2

2.     Sebutkan jenis dan proses dari komunikasi!

Jenis2 komunikasi 
Menurut sumber:
1)   Komunikasi Lisan
          Komunikasi dapat terjadi baik secara langsung maupun tak langsung yang dibatasi oleh jarak dan waktu. Jarak dan waktu sangat mempengaruhi efisiensi dan efektifitas komunikasi. Komunikasi lisan bertujuan agar informasi yang disampaikan oleh si penyampai informasi (berita) dapat diterima dan dipahami oleh si penerima berita. Teknologi Komunikasi Lisan adalah berkomunikasi dengan menggunakan alat yang menghasilkan suara berbahasa lisan di antaranya telepon.   Komunikasi lisan langsung artinya komunikasi terjadi antara pemberi informasi langsung ke penerima informasi tanpa melalui perantara baik orang atau alat. Komunikasi langsung mem-punyai kelebihan dan kekurangan. 
2)   Komuniasi Tulis            
Komunikasi tulis di-sampaikan secara tak langsung, contoh yang paling kita kenal adalah surat kabar atau koran, majalah, artikel, dan lain-lain. Teknologi komunikasi tulis adalah berkomunikasi yang menggunakan tulisan, huruf, atau gambar. Melalui tulisan, Anda dapat mengkomuikasikan ide, gagasan, pesan dan informasi lainnya, contohnya surat menyurat.
3)  Komunikasi Isyarat            
Komunikasi isyarat adalah komunikasi dengan mengguna-kan kode-kode isyarat yang telah disepakati dan dimengerti oleh kedua belah pihak baik yang memberi maupun yang menerima informasi. Salah satu kode yang umum digunakan adalah kode Morse. Komunikasi dapat di-lakukan melalui media lambang, simbol atau gambar. Model komunikasi ini dapat kita temukan di antaranya di pinggir jalan atau tempat-tempat tertentu yang kita kenal dengan istilah rambu-rambu.

Menurut saya:
Jenis – jenis komunikasi ada 3, yaitu:
1.     Komunikasi Lisan
Lisan berarti langsung, yaitu komunikasi langsung atau berbicara. Dua orang atau lebih yang berbicara secara langsung, dan yang lainnya mendengar dan menanggapinya. Semakin canggih perkembangan zaman memungkinkan komunikasi lisan tidak harus selalu mempertemukan manusia yang akan berkomunikasi. Telepon, pesan suara (voice note), pesan video (voice call) adalah beberapa perantara manusia dapat berkomunikasi lisan tanpa harus bertemu dengan lawan komunikasinya.

2.    Komunikasi Tulisan
Adalah komunikasi melalui tulisan, huruf, gambar,ataupun simbol. Sejak jaman dahulu komunikasi tulisan sangat diperlukan untuk memberi kabar keluarga atau kerabat yang jauh seperti telegram, fax, dan surat. Perkembangan zaman yang semakin canggih ternyata tidak mengubur komunikasi secara tulisan ini. Surat elektronik (e-mail), pesan singkat (SMS), media sosial atapun aplikasi obrolan yang menggunakan jaringan internet masih mengedepankan tulisan walaupun komunikasi melalui gambar dan suara juga sudah disediakan melalui aplikasi tersebut.

3.    Komunikasi Isyarat
Komunikasi isyarat biasa digunakan jika suatu hal rahasia yang hanya boleh diketahui oleh orang yang dituju, ataupun orang yang dituju dapat terlihat tetapi tidak dapat mendengar suara atau tidak dapat berpindah ke tempat lain. Biasanya komunikasi dilakukan dengan menggerakan tangan, kaki, ataupun anggota tubuh lainnya untuk menyampaikan hal yang ingin disampaikan kepada orang tersebut.

Proses Komunikasi
Menurut sumber:
· Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
·    Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.
· Media (channel) alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan.

Ø  Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
Ø  Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si pengirim.

Menurut saya, proses komunikasi adalah bagaimana komunikasi itu disampaikan, dilakukan, bagaimana, dan dengan cara apa. Seperti saat ini media internet sangat berpengaruh dalam menyampaikan komunikasi antara satu pihak dengan pihak yang lainnya seperti obrolan (chatting), media sosial, bahkan saat ini ada proses telepon yang menggunakan media internet. Tetapi tetap saja komunikasi langsung menjadi yang terbaik karena kita dapat langsung berbicara dan berinteraksi.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi#Proses_komunikasi
http://brainly.co.id/tugas/460966

Tidak ada komentar:

Posting Komentar