Senin, 30 Maret 2015

Komunikasi yang Efektif

#TULISAN1 TEORI ORGANISASI UMUM 2

Komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, namun sayangnya tidak semua manusia dapat berkomunikasi dengan efektif. Bagaimana caranya sehingga manusia dapat mencapai komunikasi yang efektif?

Sangat benar komunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, menurut saya pengertian komunikasi itu sendiri adalah dua orang atau lebih yang saling berhubungan dan ada saling timbal balik menjawab, membalas, atau menanggapi antara satu dengan yang lainnya.
Komunikasi yang efektif menurut saya pribadi adalah komunikasi yang cepat, tepat, berbalas, terarah, dan mempunyai tujuan. Saya coba menambahkan beberapa cara untuk mewujudkan komunikasi yang efektif menurut sumber, diantaranya:
1.     Pendengar yang Baik
Ø  Mendengarkan adalah kunci utama dalam berkomunikasi. Jika kita tidak mendengarkan apa kata lawan komunikasi kita secara langsung, maka yang terjadi adalah kita tidak akan “nyambung” dengan lawan komunikasi kita dan pembicaraan pun akan sia-sia. Tidak hanya disitu saja dampaknya, lawan bicara kita juga akan merasa tersinggung karena kata-katanya tidak didengarkan.
2.    Tanggapan
Ø  Anda mendengar tapi tidak menanggapi? Bersiaplah komunikasi anda berubah menjadi tidak kondusif lagi karena hanya ada obrolan searah diantara kalian. Cobalah untuk menanggapi obrolan agar komunikasi tetap terjaga. Tetapi harus hati-hati juga jangan sampai terlalu sering sampai anda mendapat saat yang pas untuk menanggapi.
3.    Mengerti
Ø  Poin yang satu ini sepertinya sangat penting dalam berkomunikasi. Tentu untuk mengerti hal yang sedang dikomunikasikan, anda harus membuka pikiran anda lebih jauh dengan lawan komunikasi anda. Anda harus “terjun” ke dalam pembicaraan atau komunikasi yang sedang berjalan. Jika mengerti, maka kelanjutan komunikasi pun akan menjadi terarah dan mempunyai tujuan.
4.    Percaya Diri
Ø  Tentu tidak akan berpengaruh jika berkomunikasi melalui perantara, tapi bagaimana jika langsung? Jika lawan bicara anda mengetahui anda gugup maka akan timbul pertanyaan apakah anda sakit, tidak nyaman, atau bagaimana? Lawan bicara anda pun akan heran dan akan segera mengakhiri komunikasi. Tidak hanya membangun percaya dari diri sendiri, kita juga harus mulai percaya pada lawan komunikasi kita agar terjalin komunikasi yang tepat dan “nyambung”. Komunikasi yang efektif berdasar pada saling percaya dan pemahaman yang baik.
5.    Bahasa Tubuh
Ø  Jika percaya diri sudah didapatkan, maka pasti bagian tubuh anda akan otomatis bergerak mengikuti “keseruan” dari komunikasi yang telah dibangun. Dengan semakin paham dan jelasnya, serta ditambah bahasa tubuh yang tepat maka komunikasi yang efektif akan terwujud dengan dilakukannya hasil akhir dari komunikasi tersebut, yaitu tujuan.

Kesimpulan yang saya dapatkan, inti dari komunikasi yang efektif yaitu menyimak dan menanggapi dengan terarah dan mempunyai tujuan. Menurut sumber, menyimak adalah mendengarkan, mengidentifikasi, menangkap isi, mengenal, memahami, menghayati, mengapresiasi, dan menginterpretasi komunikasi itu sendiri.

"Komunikasi yang efektif berdasar pada saling percaya dan pemahaman yang baik"

Sumber:
http://www.bijakkata.com/2014/02/Kumpulan-Kata-Mutiara-Bijak-teknik-Cara-Komunikasi-yang-Efektif.html
https://ariefulmunir.wordpress.com/2012/12/11/pengertian-menyimak-dari-beberapa-ahli-bahasa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar