Kamis, 30 April 2015

Jenis Keputusan Dalam Organisasi

#TUGAS2 TEORI ORGANISASI UMUM 2
Nomor 1

1.     Sebutkan jenis – jenis keputusan di dalam organisasi!

Menurut sumber:

1.     Keputusan Pribadi
Keputusan pribadi merupakan keputusan yang diambil untuk kepentingan diri sendiri dan dilakukan secara perorangan.
2.    Keputusan bersama merupakan keputusan yang diambil bedasarkan
kesepakatan bersama dan untuk kepentingan bersama. Keputusan bersama tidak boleh menguntungkan satu pihak dengan merugikan pihak lain.


Menurut saya, keputusan di dalam organisasi itu tidak bisa diambil secara pribadi, melainkan harus secara musyawarah, diskusi, rapat, ataupun perundingan karena suatu organisasi melibatkan banyak pihak seperti panitia atau pengurus organisasi tersebut yang pastinya lebih dari 1 orang. Ada beberapa hal yang hanya menjadi keputusan para petinggi pengurus seperti Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara yang tentu harus dirundingkan dengan sesama petinggi pengurus. Jadi jenis keputusan di dalam organisasi menurut saya dibagi 2 yaitu:

1.     Keputusan Internal
     Keputusan Internal disini maksud saya adalah keputusan yang melibatkan panitia ataupun pengurus dari organisasi, keputusan yang menghasilkan kepentingan untuk organisasi, contohnya pemilihan pengurus baru, menyusun program kerja, serta kebijakan – kebijakan lainnya.
2.    Keputusan Eksternal
     Keputusan Eksternal disini maksud saya adalah keputusan yang melibatkan pihak diluar dari organisasi, seperti sponsor, perizinan, bahkan masyarakat. Keputusan antara organisasi dan eksternal-lah yang mendukung dan menopang pelaksanaan kegiatan dari organisasi tersebut, contohnya jika tidak ada sponsor maka dipastikan keuangan dan promosi dari kegiatan akan berkurang karena pihak sponsor sangat berperan penting disana.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar