Kamis, 30 April 2015

Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

  #TUGAS2 TEORI ORGANISASI UMUM 2
  Nomor 2

  2.     Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan!

Menurut sumber:

1.     Posisi/ kedudukan
Dalam kerangka pengambilan keputusan, posisi/kedudukan seseorang dapat dilihat dalam hal berikut.
Ø  Letak posisi; dalam hal ini apakah is sebagai pembuat keputusan (decision maker), penentu keputusan (decision taker) ataukah staf (staffer).
Ø  Tingkatan posisi; dalam hal ini apakah sebagai strategi, policy, peraturan, organisasional, operasional, teknis.

2.    Masalah
Masalah atau problem adalah apa yang menjadi peng-halang untuk tercapainya tujuan, yang merupakan penyimpangan daripada apa yang diharapkan, direncanakan atau dikehendaki dan harus diselesaikan.

3.    Situasi
Situasi adalah keseluruhan faktor-faktor dalam keadaan, yang berkaitan satu sama lain, dan yang secara bersama-sama memancarkan pengaruh terhadap kita beserta apa yang hendak kita perbuat.
Faktor-faktor itu dapat dibedakan atas dua, yaitu sebagai berikut.
·         Faktor-faktor yang konstan (C), yaitu faktor-faktor yang sifatnya tidak berubah-ubah atau tetap keadaanya.
·         Faktor-faktor yang tidak konstan, atau variabel (V), yaitu faktor-faktor yang sifatnya selalu berubah-ubah, tidak tetap keadaannya.

4.    Kondisi
Kondisi adalah keseluruhan dari faktor-faktor yang secara bersama-sama menentukan daya gerak, daya ber-buat atau kemampuan kita. Sebagian besar faktor-faktor tersebut merupakan sumber daya-sumber daya.

5.    Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan perorangan, tujuan unit (kesatuan), tujuan organisasi, maupun tujuan usaha, pada umumnya telah tertentu/ telah ditentukan. Tujuan yang ditentukan dalam pengambilan keputusan merupakan tujuan antara atau objective.


Menurut saya, perihal pengambilan keputusan ini sangat sangat penting bagi kelangsungan suatu organisasi. Ada beberapa poin yang saya simpulkan menjadi faktor pengambil keputusan, antara lain:

1.     Jabatan
Posisi jabatan sangat krusial dalam suatu organisasi. Disaat Ketua berbeda pendapat dengan pengurus yang lain, disaat banyak masalah menerpa badan organisasi, disaat itu juga suatu kepengurusan harus berunding dan mengadakan rapat. Jabatan ketua inilah yang harusnya sabar dan berhikmat untuk mengambil keputusan. Jika keputusan hanya diambil oleh 1 pihak, organisasi tersebut pun akan merasa “terpaksa” dalam menjalankan kegiatannya.

2.    Perkembangan Jaman
Teknologi semakin up-to-date, semua pekerjaan, hiburan, bahkan pendidikan pun menggunakan jaringan internet. Suatu organisasi dan kegiatannya akan “mati” jika tidak diketahui orang, salah satu caranya adalah promosi dengan komputer dan internet. Tentu marketing akan menjadi lebih mudah dan biaya yang dikeluarkan pun lebih murah. Wajib hukumnya untuk suatu organisasi mengikuti perkembangan jaman demi kelangsungan organisasi ke depannya.

3.    Tujuan
     Satu lagi menurut saya yang menjadi faktor penting dalam hal pengambil keputusan. Tujuan. Kegiatan tanpa tujuan adalah kegiatan yang hampa dan tanpa kepastian. Jika satu target sudah ditentukan, maka kejarlah target itu dengan cara yang sudah ditentukan bersama. Egois, nonaktif, dan urusan pribadi adalah kendala dan masalah yang sangat umum dalam hal ini.

sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar