#TUGAS2 TEORI ORGANISASI UMUM 2
Nomor 2
2.
Sebutkan faktor-faktor
yang mempengaruhi pengambilan keputusan!
Menurut sumber:
1.
Posisi/ kedudukan
Dalam kerangka pengambilan
keputusan, posisi/kedudukan seseorang dapat dilihat dalam hal berikut.
Ø Letak posisi; dalam hal ini apakah is sebagai pembuat
keputusan (decision maker), penentu keputusan (decision taker) ataukah staf
(staffer).
Ø Tingkatan posisi; dalam hal ini apakah sebagai strategi,
policy, peraturan, organisasional, operasional, teknis.
2.
Masalah
Masalah atau problem
adalah apa yang menjadi peng-halang untuk tercapainya tujuan, yang merupakan
penyimpangan daripada apa yang diharapkan, direncanakan atau dikehendaki dan
harus diselesaikan.
3.
Situasi
Situasi adalah keseluruhan
faktor-faktor dalam keadaan, yang berkaitan satu sama lain, dan yang secara
bersama-sama memancarkan pengaruh terhadap kita beserta apa yang hendak kita
perbuat.
Faktor-faktor itu dapat
dibedakan atas dua, yaitu sebagai berikut.
·
Faktor-faktor yang konstan
(C), yaitu faktor-faktor yang sifatnya tidak berubah-ubah atau tetap keadaanya.
·
Faktor-faktor yang tidak
konstan, atau variabel (V), yaitu faktor-faktor yang sifatnya selalu
berubah-ubah, tidak tetap keadaannya.
4.
Kondisi
Kondisi adalah keseluruhan
dari faktor-faktor yang secara bersama-sama menentukan daya gerak, daya
ber-buat atau kemampuan kita. Sebagian besar faktor-faktor tersebut merupakan
sumber daya-sumber daya.
5.
Tujuan
Tujuan yang hendak
dicapai, baik tujuan perorangan, tujuan unit (kesatuan), tujuan organisasi,
maupun tujuan usaha, pada umumnya telah tertentu/ telah ditentukan. Tujuan yang
ditentukan dalam pengambilan keputusan merupakan tujuan antara atau objective.
Menurut saya, perihal
pengambilan keputusan ini sangat sangat penting bagi kelangsungan suatu
organisasi. Ada beberapa poin yang saya simpulkan menjadi faktor pengambil
keputusan, antara lain:
1.
Jabatan
Posisi jabatan sangat krusial dalam suatu
organisasi. Disaat Ketua berbeda pendapat dengan pengurus yang lain, disaat
banyak masalah menerpa badan organisasi, disaat itu juga suatu kepengurusan
harus berunding dan mengadakan rapat. Jabatan ketua inilah yang harusnya sabar
dan berhikmat untuk mengambil keputusan. Jika keputusan hanya diambil oleh 1
pihak, organisasi tersebut pun akan merasa “terpaksa” dalam menjalankan
kegiatannya.
2.
Perkembangan Jaman
Teknologi semakin up-to-date, semua pekerjaan, hiburan,
bahkan pendidikan pun menggunakan jaringan internet. Suatu organisasi dan
kegiatannya akan “mati” jika tidak diketahui orang, salah satu caranya adalah promosi
dengan komputer dan internet. Tentu marketing akan menjadi lebih mudah dan biaya
yang dikeluarkan pun lebih murah. Wajib hukumnya untuk suatu organisasi
mengikuti perkembangan jaman demi kelangsungan organisasi ke depannya.
3.
Tujuan
Satu lagi menurut saya yang menjadi faktor penting dalam hal
pengambil keputusan. Tujuan. Kegiatan tanpa tujuan adalah kegiatan yang hampa
dan tanpa kepastian. Jika satu target sudah ditentukan, maka kejarlah target
itu dengan cara yang sudah ditentukan bersama. Egois, nonaktif, dan urusan
pribadi adalah kendala dan masalah yang sangat umum dalam hal ini.
sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar