Senin, 30 Maret 2015

Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

#TUGAS1 TEORI ORGANISASI UMUM 2
Nomor 1

1.     Jelaskan pengertian dan arti penting dari komunikasi!

Pengertian Komunikasi
Menurut sumber 
Pengertian dari komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Menurut saya, komunikasi adalah dua orang atau lebih yang saling berhubungan dan ada saling timbal balik menjawab, membalas, atau menanggapi antara satu dengan yang lainnya.

Arti Penting Komunikasi
Menurut sumber: 
Komunikasi bukan cuma terkait dengan bagaimana cara menggunakan bahasa tapi sangat terkait juga dalam menyampaikan pesan dalam bentuk yang lainnya seperti tatapan mata, gesture tubuh, serta mungkin intonasi.

Komunikasi itu penting, semua orang tahu, karena ini merupakan basic instinct dari setiap makhluk hidup. Setiap makhluk punya cara komunikasi masing-masing, setiap manusia pun tak lepas dari cara dia melakukan komunikasi. Kita tak bisa membeda-bedakan bahasa, suku, adat, kebiasaan, tradisi maupun agama karena pada dasarnya berkomunikasi, menyampaikan pesan itu asal dilakukan dengan baik dan benar, serta dalam keadaan saling terbuka, fikiran jernih tanpa sentimen dan perasaan negatif, pasti maksud yang ingin disampaikan dapat diterima.

Menurut saya, arti penting komunikasi sangatlah penting. Jika tidak ada komunikasi, manusia tidak akan dapat hidup karena akan hidup secara sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam hidupnya, seperti contohnya sebuah keluarga tanpa komunikasi di kehidupan sehari-harinya. Anaknya terkena dampak paling buruk dimana dia bisa saja tidak pernah bicara dengan orang lain, malu, tidak percaya diri, tentu saja sangat negatif untuk masa depan kehidupannya kelak.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
https://irhamnurhalim.wordpress.com/2012/11/01/arti-penting-komunikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar