Kamis, 04 Juni 2015

Teori dan Arti Penting Kepemimpinan

#TUGAS3 TEORI ORGANISASI UMUM 2
Nomor 1

1.     Jelaskan teori dan arti penting dari kepemimpinan!

Teori – teori Kepemimpinan

Menurut sumber:

Beberapa ahli manajemen mungkin sudah mengemukakan bagaimana timbulnya seorang pemimpin dalam suatu organisasi. Dan isi dari teori yang satu dengan lainnya pun tidak sama. Dari beberapa teori yang dikemukakan ada 3 yang sering dipelajari yaitu:

1.      Teori Genetic
Penganut teori ini berpendapat bahwa seorang pemimpin memiliki bakat atau jiwa kepemimpinan sejak ia lahir. Artinya jiwa kepemimpinan itu takdir dari Tuhan untuk menjadikan seorang sebagai pemimpin. (Leaders are born and note made)

2.      Teori Sosial
Berbeda dengan teori genetic yang berpendapat bahwa kepemimpinan adalah takdir, penganut teori ini berpendapat bahwa semua manusa berhak menjadi pemimpin asalkan ia mau belajar dan diberikan kesempatan untuk itu. (Leaders are made and note born)

3.      Teori Ekologis
Teori ini merupakan gabungan sisi positif antara teori genetic dan teori sosial, dimana seseorang akan menjadi pemimpin yang baik apabila sudah ditakdirkan Tuhan dan memiliki bakat untuk menjadi pemimpin, yang kemudian bakat-bakat tersebut dikembangkan dengan cara belajar dan adanya kesempatan untuk menambah pengalaman dan mengembangkan bakat tersebut.

Menurut saya ada 2, yaitu:
1.     Lingkungan 
Faktor lingkungan sangat penting dalam melahirkan seorang pemimpin. Dia yang lahir dari lingkungan adalah dia yang sadar betapa “berantakannya” lingkungan dimana dia berada. Bisa dari inisiatif dari diri sendiri, juga karena perintah untuk menjadi pemimpin.

2.    Talenta yang dilatih
Seseorang yang mempunyai bakat dan talenta menjadi pemimpin harus “disadarkan” terlebih dahulu. Hal itu juga dapat terjadi di dalam suatu pelatihan untuk menjadi seorang pemimpin, bagaimana dia bersikap, bertutur kata, dan mengambil keputusan. Dengan pengalaman yang cukup tentu akan muncul talenta yang dilatih dalam seorang pemimpin.

Arti Penting Kepemimpinan
Tidak akan ada tubuh tanpa kepala. Suatu pekerjaan, organisasi dan kegiatan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada yang memimpin. Kepemimpinan sangat penting artinya karena pemimpin menjadi lambang dari kegiatan yang dilaksanakan. Pemimpin merupakan contoh dan teladan bagi anggotanya, jadi seorang pemimpin harus melakukan yang terbaik untuk anggotanya dan semua orang yang melihat dirinya. Melayani dan berani berkorban, itulah yang harus menjadi ciri khas dari seorang pemimpin.


sumber:
http://ojanojan8.blogspot.com/2014/04/kepemimpinan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar