Senin, 02 November 2015

Karya Ilmiah Bidang Sistem Informasi

#TULISAN1 BAHASA INDONESIA 1
Inovasi Perangkat "Mobile Motor"


BAB I
PENDAHULUAN

      1.      Latar Belakang Masalah
Di era komunikasi dan mobilisasi saat ini, kendaraan sangatlah dibutuhkan untuk mempersingkat jarak dan waktu. Di kota – kota besar di Indonesia, kendaraan super cepat pun dibuat dan digunakan demi mencapai tujuan yang diinginkan dengan cepat pula.
Kendaraan semakin bertambah tetapi ruas jalan tentu saja tetap. Di jalan raya, mobil telah menjadi penguasa, memenuhi ruas jalan, membuat tidak ada lagi tempat untuk kendaraan lainnya. Ditambah lagi kendaraan besar seperti bus dan truk yang seharusnya tidak melalui jalan yang melewati dekat pemukiman penduduk, karena itu dapat memperlambat laju kendaraan dibelakangnya yang tidak cukup mendapat tempat untuk melaju, dikarenakan ruas jalan sudah penuh terisi dengan kendaraan besar tersebut.
Berbagai macam solusi pun diterapkan. Saat ini kendaraan roda dua seperti motor lebih praktis digunakan untuk menempuh perjalanan yang lebih lancar. Dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping, tentu memudahkan motor dalam menempuh ruas jalan yang sempit di jalan raya.
Dengan semakin majunya teknologi, saat ini pengguna motor dapat lebih mudah berjalan melalui jalan jalan pintas untuk lebih cepat sampai ke tujuan. Berjalan melewati jalan kecil, bahkan melewati depan pintu rumah warga pun dilakukan asalkan bisa lebih cepat sampai tujuan. Tentu hal ini dilakukan agar pengguna motor bisa cepat sampai ke tujuan tanpa melewati jalan besar yang dilalui oleh kendaraan yang lebih besar. Resiko yang diterima tentu lebih kecil juga. Selain terhindar dari kemacetan yang semakin sering, pengguna motor juga terhindar dari asap, debu, dan kotoran yang intensitasnya lebih banyak di jalan besar yang dilalui berbagai macam kendaraan. Pengguna motor yang melewati jalan kecil juga mengurangi resiko terjadinya musibah kecelakaan bagi diri sendiri dan kendaraan lain, karena mereka tidak bertemu dengan “lawan” yang lebih besar di jalan pintas yang lebih kecil. 

      2.      Persoalan
Banyaknya jalan alternatif dan jalan kecil yang dilalui pengguna motor, terkadang membuat mereka tersesat karena tidak tahu daerah yang dilaluinya tersebut. Dengan kemajuan teknologi saat ini, Global Positioning System (GPS) pada ponsel pintar dapat mengatasi masalah ini. Kita dapat mengaktifkan fitur lokasi pada ponsel pintar kita, lalu membuka aplikasi GPS yang menggunakan fitur tadi. Contoh aplikasi yang sering digunakan adalah Google Maps, Foursquare, Glympse, dan lain – lain.
Saat ini fitur tersebut hanya ada di ponsel pintar dan sejenisnya, banyak para pengguna motor yang memanfaatkan GPS mencari jalan alternatif untuk mencapai tujuan dengan cepat. Tetapi bagaimana mungkin seorang pengendara motor dapat mengikuti jalur yang ditunjukkan oleh GPS, bersamaan dengan mengendarai motor? Pasti mereka harus menepi terlebih dahulu dan melihat ponsel pintar untuk memastikan bahwa jalan yang mereka lalui sama dengan yang ditunjukkan oleh GPS. Hal ini tentu dapat memperlambat perjalanan untuk sampai di tujuan dengan cepat, terlebih lagi jika daerah tujuan adalah daerah yang belum pernah dikunjungi oleh pengendara motor.


BAB II
ISI & PEMBAHASAN

      1.      Solusi
Dengan permasalahan di atas, penulis mencoba memberi terobosan baru untuk menggabungkan fitur GPS dengan kendaraan motor, disebut Mobile Motor. Mobile Motor ini adalah sebuah perangkat keras yang nantinya dapat ditempatkan di bagian atas dashboard pada motor atau di tempat speedometer.
Dari sisi perangkat keras, Mobile Motor ini akan seperti tablet phone yang menyatu di tempat untuk speedometer pada motor. Tentu perangkat ini harus terhubung dengan kabel, lampu, rem, dan juga mesin motor lainnya. Untuk daya, Mobile Motor mengambil daya dari Accumulator (Aki) pada motor. Mobile Motor akan otomatis aktif dan dapat langsung digunakan bersamaan dengan hidupnya mesin motor.
 Dari sisi perangkat lunak, Mobile Motor akan menggunakan sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu Android. Fitur – fitur yang ada pada Mobile Motor antara lain GPS, jam, kalender, speedometer, odometer, penunjuk isi bahan bakar, penanda lampu depan motor, penanda lampu belakang motor, penanda lampu sein pada motor, dan penanda masalah atau kerusakan pada bagian motor. Input pada Mobile Motor adalah dapat langsung disentuh oleh jari kita dengan layar touchscreen. Ada 2 mode pada Mobile Motor, yang pertama yaitu Default Mode. Isi tampilan dari Default Mode ini adalah jam, kalender, speedometer, odometer, penunjuk isi bahan bakar, serta semua penanda lampu pada motor. Lalu yang kedua adalah GPS Mode. Isi dari tampilan GPS Mode ini adalah GPS tentunya, tetapi fitur lain seperti jam, kalender, penanda lampu, dan semua fitur pada default mode tetap akan ditampilkan, hanya saja ukurannya yang lebih kecil dan disesuaikan karena diletakkan di atas dan samping layar utama untuk GPS.
Untuk konektivitas pada GPS, Mobile Motor menggunakan WiFi yang terhubung dengan internet untuk mengakses jalur yang diminta pengguna motor. Setelah masuk ke dalam GPS Mode, Mobile Motor akan meminta pengguna memasukkan username dan password WiFi yang akan digunakan. WiFi dapat berasal dari modem ataupun fitur WiFi hotspot yang ada pada ponsel pintar. Untuk pengguna yang memakai modem dalam bentuk USB Flashdisk, Mobile Motor menyediakan 1 slot USB yang tersambung langsung dengan motor untuk penggunaan modem bentuk Flashdisk.

      2.      Penjelasan & Diskusi
Mobile Motor adalah perangkat untuk menampilkan fitur GPS pada motor, yang di pasang menyatu dengan motor sehingga pengguna tidak perlu lagi melepas, memasang, ataupun menggenggam lagi dengan tangan. Mobile Motor digunakan di dalam perjalanan saat pengguna motor membutuhkan jalan menuju lokasi tujuan yang ditunjukkan oleh GPS. Mobile Motor dapat menjadi inovasi terbaru dalam pemakaian teknologi karena perangkat ini menyatu dengan motor dan perangkat lunak yang digunakan adalah sistem operasi Android yang merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan pada ponsel pintar. Adapun cara menggunakannya adalah sudah terintegrasi dengan mesin motor dan akan langsung aktif ketika mesin motor dihidupkan. Kemudian pengguna dapat langsung masuk ke GPS mode untuk mengaktifkan fitur GPS, tetapi sebelum itu, Mobile Motor meminta pengguna untuk menghubungkan Mobile Motor dengan internet. 
Kelemahan yang ada pada penggunaan Mobile Motor ini adalah dampaknya pada harga penjualan motor itu sendiri, karena perangkat ini sudah langsung menjadi satu dan terhubung dengan motor. Lalu yang kedua, Mobile Motor menggunakan daya dari Accumulator (Aki)  pada motor yang tentunya akan membagi pemakaian daya dari Aki motor untuk mesin motor, lampu motor, juga perangkat Mobile Motor. Lalu yang ketiga, karena Mobile Motor menggunakan layar sentuh, maka air, debu, dan kotoran akan menjadi musuh utama layar Mobile Motor. Maka dari itu pemakaian kaca atau pelindung pada layar sentuh Mobile Motor akan sangat berguna supaya terhindar dari kerusakan.


BAB III
KESIMPULAN

Mobile Motor akan sangat berguna dan mempermudah pengguna motor yang sedang mencari jalan dengan menggunakan GPS untuk cepat sampai tujuan. Pengguna motor tidak perlu lagi berhenti menepi untuk melihat petunjuk arah atau GPS yang ada pada ponsel pintar. Mengendarai motor bersamaan dengan melihat layar ponsel yang digenggam dengan tangan ataupun diletakkan di tempat ponsel yang dipasang di besi kaca spion dapat mempengaruhi konsentrasi pengendara, karena pada ponsel selain GPS tentu ada pemberitahuan dari SMS, aplikasi chat, bahkan jika ada telepon masuk pengendara motor akan teralih fokusnya ke ponsel dan dapat membahayakan pengendara sendiri serta pengendara lain. Maka dari itu, penulis mempersembahkan ide dan inovasi terbaru yaitu perangkat Mobile Motor.

sumber: pribadi penulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar