Kamis, 19 November 2015

Kritik Jurnal Bidang Sistem Informasi

#TULISAN2 BAHASA INDONESIA 1


Kritik Jurnal Sistem Informasi

Judul                 : Pemodelan Sistem Informasi Administrasi Proyek Desain Interior

Penulis              : Agus Umar Hamdani

Sumber             : http://si.its.ac.id/data/sisfo_data/files/1_vol5no3.pdf


Jenis penelitian
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis jurnal adalah penelitian studi kasus, karena melakukan eksplorasi mendalam dari sistem terikat dan pembuatan sistem beserta perangkat lunaknya.

Pembahasan
1.    Masalah pada jurnal ini adalah sistem pada perusahaan yang tidak ada, administrasi dan keuangan yang masih menggunakan sistem manual.
2.     PT. Wang Interior sudah berdiri sejak tahun 2000 dan berada di Jakarta, berdasarkan penulis jurnal sampai saat ini belum ada komputerisasi dan teknologi terbaru dalam sistemnya.
3.      Tujuan pembuatan jurnal sudah jelas, terfokus pada satu masalah dan satu objek.
4.      Disertakan gambar dari rancangan pembuatan Graphical User Interface untuk sistemnya.
5.      Disertakan juga bagan untuk rancangan sistemnya.
6.  Penelitian berdasarkan fakta permasalahan yang terjadi di lapangan, bukan sengaja dibuat atau diciptakan untuk menambahkan suatu hal.

Masalah
1.     Tidak adanya latar belakang masalah pada awal penulisan jurnal. Hanya ada sedikit tulisan tentang permasalahan dan penyebab masalah.
2.    Terlalu banyak gambar dan bagan di jurnal ini tanpa diikuti penjelasan di setiap gambarnya.
3.     Ada beberapa bahasa dan kata-kata yang seharusnya bisa diperbaiki dan diganti, seperti contoh “kepala tukang”
4.    Butuh tambahan metode penelitian lain selain studi kasus pada permasalahan ini, seperti penelitian survey karena penulis sangat minim dalam melakukan wawancara dan pendapat dari kalangan ahli.
5.    Narasumber tidak dari narasumber professional yang sudah lebih paham tentang implementasi sistem untuk perusahaan.
6.     Pada bagian kesimpulan, tidak seharusnya disebutkan penulis melakukan pertanyaan kepada siapa saja, karena sudah disebutkan pada bagian “Pengujian Sistem Menggunakan metode Black Box Testing”
7.     Penulis harus bisa menjamin bahwa sistem yang dia usulkan dapat digunakan dan bertahan untuk jangka panjang dan siap digunakan di dalam kondisi apapun perusahaan.
8.         Tidak adanya kekurangan yang disertakan secara detail.

Catatan

Usulan sistem untuk perusahaan ini sangatlah bagus untuk perusahaan yang terletak di Jakarta dan sudah 15 tahun beroperasi. Tetapi penulis tidak menyertakan rancangan jangka panjang yang menyangkut sistem dan perusahaan. Penulis juga kurang mnyertakan kekurangan secara detail yang dialami oleh sistem ataupun perangkat lunak yang nantinya menjadi alat bantu pekerjaan di perusahaan, seperti serangan virus, kesalahan pemakaian pada perangkat lunak, ataupun kesalahan pemakaian pada sistem operasi. Maka dari itu diperlukan pelatihan khusus untuk pemakaian dan perawatan sistem secara jangka panjang, juga diperlukan tenaga ahli yang rutin memeriksa dan memperbaharui sistem dan perangkat lunak yang digunakan di PT. Wang Interior.

sumber: http://si.its.ac.id/data/sisfo_data/files/1_vol5no3.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar